Lombok Post
Headline Metropolis

Cek Formasi, Pelamar Bisa Langsung ke Instansi yang Dituju

CALON ABDI NEGARA: Para peserta CPNS berusaha menjawab soal dalam seleksi CPNS 2018 lalu.

PENGUMUMAN rekrutmen CPNS baru 2019 sudah dilansir sejak 28 Oktober lalu. Namun sampai tadi malam, website pendaftaran masih down dan tidak dapat diakses. Pihak Badan Kepegawaian Negara (BKN) meminta masyarakat mencari informasi pendaftaran di masing-masing instansi.

                Setelah informasi lowongan CPNS 2019 dikeluarkan, otomatis masuk tahap sosialisasi. Kemudian pada 11 November nanti masuk tahap pendaftaran. Sayangnya sampai saat ini masyarakat belum bisa mendapatkan informasi perincian formasi atau lowongan CPNS baru di masing-masing instansi.

                Merujuk pengalaman rekrutmen CPNS tahun lalu, informasi detail lowongan di tiap instansi pusat maupun daerah, serta persyaratan bisa dilihat di website sscn.bkn.go.id. Jadi masyarakat bisa melihat dengan detail lowongan yang tersedia dari Sabang hingga Merauke.

                Saat dikonfirmasi terkait website SSCN yang belum bisa diakses, Kepala Biro Humas BKN Mohammad Ridwan mengatakan baru dibuka 11 November depan. Teknisnya website pendaftaran ASN secara global adalah sscasn.bkn.go.id.

                Kemudian di website tersebut ada tiga kelompok pendaftaran ASN. Yakni pendaftaran CPNS umum dan diarahkan ke website sscn.bkn.go.id. Kemudian ada juga menu pendaftaran untuk sekolah kedinasan dan pegawai pemerintah dengan perkanjian kerja (PPPK).

                Saat dicek tadi malam, website sscasn.bkn.go.id bisa diakses. Tetapi saat memilih menu SSCN, websitenya tidak bisa dibuka. Tertulis halaman ini tidak berfungsi. ’’Sudah disampaikan berkali-kali bahwa portal SSCASN akan tersedia pada 11 November 2019,’’ katanya kemarin (31/10).

                Ridwan menuturkan BKN berharap hari-hari ini setiap instansi menyampaikan pengumuman lowongan CPNS. Baik itu instansi pusat maupun daerah. Sehingga masyarakat bisa langsung mengecek lowongan yang tersedia. Ridwan mengatakan nantinya website pendaftaran sifatnya khusus untuk mendaftar. Informasi teknis serta persyaratan secara detail diumumkan di website instansi masing-masing.

                Dia menjelaskan BKN sudah menyampaikan info grafis perincian lowongan CPNS di internal BKN. ’’Semoga bisa diikuti oleh instansi lain. Sambil mereka menyiapkan pengumuman resmi via web atau media social masing-masing,’’ jelasnya.

Dari info grafis yang dibuat BKN, lowongan terbanyak mereka adalah analis kinerja berjumlah 25 orang. Kemudian disusul ahli pertama analis kepegawaian sejumlah 32 orang. Lalu ada lowongan 25 analis data dan informasi. Yang paling sedikit adalah lowongan analis publikasi hanya satu orang. (wan/JPG/r6)

Berita Lainnya

PLN Harus Beri Kompensasi Akibat Seringnya Pemadaman

Redaksi Lombok Post

Pemerintah Loteng Maunya Minimal 20 Persen Anak Miliki KIA

Redaksi Lombok Post

Byarpet Bikin Mumet

Redaksi Lombok Post

Pelaksanaan Sertifikasi Pra Nikah di Daerah Akan Sangat Sulit

Redaksi Lombok Post

Pemadaman Bergilir Resahkan Pelanggan, Mahasiswa Gedor Kantor PLN

Redaksi Lombok Post

Target Pembangunan Pembangkit Meleset, Manajemen PLN Klarifikasi ke Ombudsman

Redaksi Lombok Post

Lalu Irwan Janjikan Perbaikan Jembatan dan Tempat Pemakaman Dasan Geres Tahun Depan Melalui Pokir

Redaksi Lombok Post

Gubernur Terima DIPA dan Dana Transfer dari Presiden

Redaksi Lombok Post

Mulai 2020, Calon Pengantin Wajib Ikuti Sertifikasi Pra Nikah

Redaksi Lombok Post