Lombok Post
Kriminal

Ratusan Motor Bodong Terjaring Operasi Zebra

TERJARING RAZIA: Sejumlah sepeda motor yang terjaring razia disita di penyimpanan sepeda motor Satlantas Polda NTB, kemarin (4/11).

MATARAM-Sudah 12 hari Operasi Zebra Gatarin digelar. Ratusan sepeda motor yang tidak memiliki surat terjaring.

Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso mengatakan, sepeda motor yang ditahan saat ini karena pengendaranya tidak bisa menunjukkan surat kelengkapan berkendara. Seperti surat izin mengemudi (SIM) dan surat tanda nomor kendaraan ( STNK). ”yang kita sita sepeda motornya,” ujarnya.

Untuk sementara, ada 300-an sepeda motor yang tidak memiliki surat kelengkapan. ”Apakah pengendara itu bisa menunjukkan surat kendaraannya atau tidak. Kita tunggu di kantor jika ada orang yang ingin menunjukkan bahwa sepeda motornya legal atau bodong,” ujarnya.

Jika tidak, pihak kepolisian akan mengambil sikap. Setiap kendaraan yang tidak memiliki surat, akan dicek nomor rangka dan mesinnya. ”Saya lihat ada beberapa sepeda motor yang nomor mesinnya juga sudah dirusak,” jelasnya.

Tetapi, perlu ada pendalaman terlebih dahulu. Untuk memastikan kendaraan bodong, Amin akan berkoordinasi dengan Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum). Seluruh data pemilik motor akan diserahkan ke Ditreskrimum. ”Kita akan mencari orang yang ditilang menggunakan sepeda motor bodong,” ujarnya.

Amin mengatakan, Ditreskrimum pasti memiliki data laporan yang menjadi korban curanmor. Nanti juga akan disinkronisasikan dengan data laporan curanmor. ”Kita akan cek, apakah motor bodong hasil operasi itu sesuai dengan data laporan kehilangan dari korban atau tidak,” kata dia.

Dia mengimbau kepada masyarakat yang kendarannya hilang atau menjadi korban curanmor, silakan mengecek kendaraannya di Polda NTB. ”Siapa tahu, sepeda motornya ada di mapolda,” pungkasnya. (arl/r2)

Berita Lainnya

Sekda KLU Diklarifikasi Polda NTB Terkait Anggaran Sewa Rumah Kepala Daerah

Redaksi Lombok Post

Karang Bagu Digerebek, Pembeli Ditangkap, Penjual Sabu Lolos

Redaksi Lombok Post

Sengketa Lahan di KEK Mandalika, ITDC Kalah Ditingkat Banding

Redaksi Lombok Post

Jaksa Tunggu SKK Pemprov NTB Terkait Penyelesaian Pengelolaan Lahan di Gili Trawangan

Redaksi Lombok Post

Para Pembunuh Bayi Tak Tersentuh

Redaksi Lombok Post

Jangan Belagu! Bule Juga Ditilang!

Redaksi Lombok Post

Vonis Liliana Lebih Ringan dari Tuntutan JPU

Redaksi Lombok Post

Berbenah Setelah Kejahatan Terbongkar

Redaksi Lombok Post

Kecanduan Mabok Bikin Goblok, Terdorong Nyolong demi Minuman Keras

Redaksi Lombok Post