Lombok Post
Tanjung

Empat Ruang Kelas Bantuan Warga Malang Diserahkan ke Bupati Lombok Utara

Pemerintah Kota Malang, PGRI Kota Malang dan Pembaca Jawa Pos Radar Malang menyerahkan empat ruang kelas yang dibangun untuk SDN 2 Tanjung, kemarin (7/11).

TANJUNG-Pemerintah Kota Malang, PGRI Kota Malang dan Pembaca Jawa Pos Radar Malang menyerahkan empat ruang kelas yang dibangun untuk SDN 2 Tanjung, kemarin (7/11). Bantuan ruang kelas tersebut diserahkan Wali Kota Malang H Sutiaji pada Bupati Kabupaten Lombok Utara (KLU) H Najmul Akhyar.

Bupati H Najmul Akhyar mengucapkan terimakasih atas bantuan tersebut. Kehadiran wali kota Malang dan rombongan menjadi sebuah keberkahan tersendiri bagi KLU. “Bantuan ini sebagai bentuk empati yang luar biasa warga Kota Malang kepada warga KLU,” ucapnya.

Bupati menuturkan, pascagempa 7,0 SR tahun lalu, banyak rumah, sekolah dan fasilitas umum di KLU yang rusak. Bahkan korban jiwa akibat gempa di KLU mencapai 471 orang.

“80 persen infrastruktur yang ada rusak semua. Mulai dari kantor pemerintahan, sekolah, rumah warga dan sebagainya,” sambungnya.

Ia mengungkapkan, akibat gempa, lebih dari 300 sekolah rusak total. Sebanyak 1.700 ruang kelas tidak bisa digunakan lagi. Selain itu, beberapa hari pascagempa, guru-guru sempat mengalami trauma mengajar dalam ruangan.

Meski sempat stagnan selama dua minggu, proses belajar mengajar di KLU sudah kembali normal hingga saat ini. Pemkab memberikan dukungan penuh terhadap perbaikan di sektor pendidikan.

“Alhamdulillah sekarang sudah 70 persen sekolah yang sudah terbangun. Salah satunya bantuan dari Malang ini,” pungkasnya.

Sementara itu, Wali Kota Malang H Sutiaji berharap bantuan yang diberikan tersebut menjadi amalan warga yang memberikan sumbangan. Sambil berseloroh, Sutiaji mengucapkan salam satu jiwa pada masyarakat KLU. Menurutnya, salam itu bukan hanya sekedar ucapan, namun diaplikasikan dalam kehidupan bersama. Menjadi sebuah kewajiban untuk membantu saudara yang terdampak musibah, baik di Lombok NTB maupun di Donggala, Palu.

Direktur Jawa Pos Radar Malang Kurniawan Muhammad menuturkan, pihaknya bersyukur bisa menyampaikan amanah bantuan pembaca Jawa Pos Radar Malang untuk Lombok. Bantuan ini diharapkan bisa bermanfaat.

Ia berterimakasih pada Dikpora Kota Malang yang sudah menghimpun bantuan untuk guru dan sekolah. Dirinya memohon restu pada Desember mendatang juga akan membangun sekolah di Donggala bersama Dikpora Kota Malang.

“Selain sekolah, di Donggala juga kami menyalurkan bantuan untuk pembangunan masjid,” pungkasnya. (fer/r4)

Berita Lainnya

Gali Pendapatan yang Hilang di Gili Trawangan

Redaksi Lombok Post

22 Klinik di Gili Diduga Ilegal

Redaksi Lombok Post

Dua Formasi Dokter Spesialis Tanpa Pelamar

Redaksi Lombok Post

Bank Mandiri Taspen Bekali Calon Pensiunan

Redaksi Lombok Post

Tambang Rakyat Boleh, Asalkan?

Redaksi Lombok Post

Manfaatkan Limbah Plastik untuk Campuran Aspal

Redaksi Lombok Post

Keberadaan Minimarket di SPBU Telaga Wareng Jadi Polemik

Redaksi Lombok Post

Formasi CPNS Kabupaten Lombok Utara Didominasi Tenaga Pendidik

Redaksi Lombok Post

Dewan Lombok Utara Minta Kepastian Waktu Pencairan Jadup Korban Gempa

Redaksi Lombok Post