Lombok Post
Kriminal

Sekda KLU Diklarifikasi Polda NTB Terkait Anggaran Sewa Rumah Kepala Daerah

DIKLARIFIKASI: Sekda KLU Suardi berjalan menuju mobilnya usai diklarifikasi penyelidik di Mapolda NTB, kemarin (7/11).

MATARAM-Ditreskrimsus Polda NTB mengusut dugaan korupsi biaya sewa dan pemeliharaan rumah pribadi pengganti rumah dinas kepala daerah di Kabupaten Lombok Utara (KLU). Kemarin (7/11) penyelidik mengklarifikasi Sekda KLU Suardi.

Pantauan Koran ini, Suardi datang ke Mapolda NTB pukul 09.40 Wita. Dia mengenakan kemeja corak batik hitam dengan peci hitam. Dia diklarifikasi di ruang Subdit III Tipikor Ditreskrimsus Polda NTB hingga pukul 13.00 Wita.

Usai diperiksa, Suardi membenarkan penyelidik mengklarifikasi dirinya terkait biaya sewa dan pemeliharaan rumah pribadi pengganti rumah dinas bupati dan wakil bupati KLU. ”Ya, pemeriksaannya terkait itu,” kata Suardi menjawab pertanyaan wartawan sambil berjalan keluar area Mapolda.

Menurutnya, biaya sewa dan pemeliharaan rumah tersebut sudah berjalan. Penganggarannya tidak ada masalah. ”Kita laksanakan sesuai aturan,” katanya sambil melihat telepon genggamnya.

Sekda KLU itu membeberkan dasar hukum yang mengatur penganggarannya. Yakni mengacu pada Permendagri Nomor 37 Tahun 2010 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah. ”Sudah sesuai kok,” kata dia sambil mempercepat langkahnya.

Ketika ditanya mengenai anggaran untuk pemeliharaan dan sewa rumah dinas tersebut, Suardi tak menjawab rinci. Dia hanya memperkirakan angkanya. ”Sekitar Rp 90 juta-an,” akunya.

Dia juga enggan menerangkan lebih rinci periode penyewaan rumah dinas tersebut. ”Ya, nanti ada teman-teman di sana,”  kelitnya dan langsung menuju mobilnya.

Dari informasi yang dihimpun koran ini, biaya sewa dan pemeliharaan rumah pribadi sudah dianggarkan melalui APBD.  Setiap tahunnya mendapatkan anggaran berbeda. Terhitung sejak 2017, Pemda KLU telah menggelontorkan anggaran untuk rumah tersebut mencapai Rp 2,4 miliar. Itu untuk biaya sewa dan pemeliharaannya. (arl/r2)

Berita Lainnya

Karang Bagu Digerebek, Pembeli Ditangkap, Penjual Sabu Lolos

Redaksi Lombok Post

Sengketa Lahan di KEK Mandalika, ITDC Kalah Ditingkat Banding

Redaksi Lombok Post

Ratusan Motor Bodong Terjaring Operasi Zebra

Redaksi Lombok Post

Jaksa Tunggu SKK Pemprov NTB Terkait Penyelesaian Pengelolaan Lahan di Gili Trawangan

Redaksi Lombok Post

Para Pembunuh Bayi Tak Tersentuh

Redaksi Lombok Post

Jangan Belagu! Bule Juga Ditilang!

Redaksi Lombok Post

Vonis Liliana Lebih Ringan dari Tuntutan JPU

Redaksi Lombok Post

Berbenah Setelah Kejahatan Terbongkar

Redaksi Lombok Post

Kecanduan Mabok Bikin Goblok, Terdorong Nyolong demi Minuman Keras

Redaksi Lombok Post