Lombok Post
Headline Selong

MAN IC Praktik Lapangan di Lima Lokasi

BERANGKAT: Peserta praktik lapangan sain dan sosial siswa MAN IC Lotim dilepas menuju lokasi kegiatan, belum lama ini.

SELONG-Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia (IC) Lotim melakukan praktik lapangan pembelajaran sain dan sosial tahun 2019. Kegiatan tersebut dimulai pada Kamis (7/11) lalu.  Para peserta dilepas langsung oleh Kepala MAN IC Lotim H Aozar Zawad.

“Kegiatan ini merupakan bentuk aplikasi serta penggalian lebih mendalam dari materi pembelajaran yang telah diperoleh di ruang kelas,” kata Aozar.

Ia berharap, peserta yang merupakan seluruh siswa kelas XI sebanyak tiga rombel itu dapat melaksanakan tugas dengan baik. Siswa diharapkan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan di masing-masing lokasi yang dikunjungi. Karena data-data yang diperoleh akan dibuat dalam bentuk laporan kegiatan. “Jadi bukan jalan-jalan liburan,” jelasnya.

Kegiatan  ini merupakan salah satu program tahunan yang dilaksanakan sebagai bentuk pengembangan kurikulum. Bentuknya adalah kegiatan pembelajaran di luar kelas. Adapun lokasi sasaran praktik dan sumber pembelajaran pada kegiatan kali ini adalah Museum NTB, Kantor Bahasa NTB, STIP Banyumulek, dan terakhir Pantai Kuta.

Aozar menjelaskan, di museum, siswa diharapkan mempelajari berbagai bidang mata pelajaran. Mulai dari seni dan budaya,  sosiologi,  geografi, ekonomi,  biologi,  kimia,  dan bahasa juga sastra. Begitu juga religi dan perkembangan keyakinan dan keagamaan masyarakat NTB.

“Semua itu tergambar dalam pameran berbagai koleksi museum. Termasuk bagaimana proses pemeliharaan dan pengawetan barang koleksi yang ada dengan menggunakan zat kimia tertentu,” jelasnya.

Sedang di kantor bahasa, peserta  diharapkan dapat memperoleh wawasan perkembangan bahasa dan sastra. Sementara di lokasi STIP Banyumulek, peserta dapat memperoleh wawasan teknik rekayasa alat untuk mengolah hasil pertanian.

“Terakhir di pantai Kuta peserta melepas letih untuk rekreasi menikmati panorama alam pantai sekaligus praktik komunikasi berbahasa Inggris dengan wisatawan asing,” ujar Aozar.

Peserta kegiatan sendiri didampingi oleh hampir semua guru bidang studi. Semua data kegiatan yang diperoleh dari berbagai sumber dan lokasi akan dirangkum oleh peserta dalam bentuk laporan praktik pembelajaran sain dan sosial. (tih/r5/*)

Berita Lainnya

Di Bawah Bayang-Bayang PT Gili Trawangan Indah

Redaksi Lombok Post

Tiga Pelajar di Lotim Tertangkap Saat Pesta Sabu

Redaksi Lombok Post

Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia Klarifikasi Pernyataan Menkes

Redaksi Lombok Post

Jangan Mau Merariq Kodek, Gak Keren Tau!

Redaksi Lombok Post

Atlet Menembak dan Selancar NTB Sumbang Emas untuk Indonesia

Redaksi Lombok Post

Hitung Mundur, 24 Bulan Menuju MotoGP

Redaksi Lombok Post

Sembilan Produk Rucika Raih Green Label Indonesia

Redaksi Lombok Post

Tipu TKI, Oknum Pegawai Disnakertrans Lotim Hilang

Redaksi Lombok Post

Event MotoGP Mandalika Bisa Sedot 200 Ribu Penonton

Redaksi Lombok Post