Lombok Post
Tanjung

YBM BRI Salurkan Bantuan di Desa Senaru

SALURKAN BANTUAN: Jajaran YBM BRI,BRI Kanca Mataram, Pemkab Lombok Utara, Pemprov NTB, dan warga Desa Senaru foto bersama saat penyaluran bantuan dari YBM BRI, Kamis lalu (7/11).

TANJUNG-Yayasan Baitul Maal  Bank Rakyat Indonesia (YBM BRI) menyalurkan bantuan ke warga Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara. Bantuan ini merupakan rangkaian penyaluran bantuan pasca gempa yang terjadi di wilayah Lombok.

”Bantuan ini merupakan bentuk kepedulian BRI terhadap warga korban gempa,” kata Perwakilan YBM BRI Kanwil Denpasar Zainul Fuadi Akbar, Kamis lalu (7/11).

Dikatakan, gempa tahun lalu membuat sejumlah infrastruktur rusak. Salah satunya pipa yang mengalirkan air dari sumber air ke bak penampungan warga di Desa Senaru . Namun, sambungan pipa tersebut rusak akibat musibah gempa tersebut. Bahkan saat dilakukan pengecekan di lapangan, sumber mata air dan bak penampungan ikut tertimbun longsor akibat gempa.

Menyadari pentingnya air sebagai sumber kehidupan manusia, YBM BRI memfasilitasi keinginan masyarakat desa agar dapat menikmati kembali air bersih. Programnya melalui pembangunan jalur pipa dan instalasi air di Desa Senaru. Total penyaluran dana zakat melalui program ini sebesar Rp 383,147 juta. Dengan jumlah penerima manfaat mencapai 2.212 jiwa, berasal dari empat dusun yaitu Senaru, Batu Koq, Tanakbisa, Lendang Cempaka. ”Program ini dilaksanakan dengan turut serta melibatkan masyarakat,” tambahnya.

Program ini meliputi, pemasangan kembali jalur pipa yang tertimbun longsor sepanjang kurang lebih 2.700 meter menggunakan pipa HDPE 3. Pipa HDPE terbuat dari bahan polyethylene dengan kepadatan tinggi, sehingga pipa yang dihasilkan dapat menahan daya tekan yang tinggi, kuat, tahan lama, dan lentur.

Ada di beberapa titik rawan longsor dilakukan pemasangan pipa dengan teknik digantung menggunakan kawat selling. Ada juga pembangunan kembali bak penampungan di sumber mata air ukuran 4 x 6 meter.

Selanjutnya, pembuatan mesin water treatment sebanyak dua unit. Ini merupakan alat yang difungsikan untuk mengolah air dari kualitas baku yang kotor dan tercemar agar mendapatkan kualitas air yang standar untuk siap dikonsumsi langsung.

”Bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” imbuhnya.

Diterangkan, melalui program ini YBM BRI berkontribusi mencapai salah satu tujuan dari 17 goals dokumen SDGs (Sustainable Development Goals). Yaitu menjamin ketersediaan dan pengelolaan air serta sanitasi yang berkelanjutan bagi semua orang.

Yayasan Baitul Maal BRI merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang menghimpun dan mengelola dana zakat pekerja muslim BRI di seluruh Indonesia. Penyaluran dana zakat meliputi 4 bidang, di antaranya Berbagi Smart Rakyat Indonesia (Pendidikan), Berbagi Sejahtera Rakyat Indonesia (Ekonomi), Berbagi Sehat Rakyat Indonesia (Kesehatan), dan Berbagi Syiar Rakyat Indonesia (Sosial Dakwah). Selain itu terdapat program khusus integrasi yang terdiri Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Pondok Pesantren (IP2BP), dan Integrasi Program Pemberdayaan Berbasis Keluarga (IP2BK) .

Sementara itu Kepala Bagian Bina Administrasi Kewilayahan NTB H Sahrum mengucapkan rasa terima kasih kepada BRI. Khususnya terhadap bantuan program pemasangan jalur pipa yang dilaksanakan di Desa Senaru. Bagi masyarakat yang telah menerima manfaat diharapkan dapat menjaga dan merawat fasilitas yang telah diberikan. Karena ini merupakan tanggung jawab bersama.

Sementara itu, Pemimpin Cabang BRI Mataram Dwi Hendro Susatyo mengatakan program pemasangan jalur pipa Desa Senaru merupakan salah satu program dari sekian banyak program yang dilaksanakan oleh YBM BRI. Di antaranya pada bidang pendidikan,ekonomi, kesehatan,dan sosial dakwah.

“Kepada masyarakat Desa Senaru kami mohon agar dapat memanfaatkan fasilitas yang telah diberikan saat ini,” tandasnya. (nur/r4/*)

Berita Lainnya

Gali Pendapatan yang Hilang di Gili Trawangan

Redaksi Lombok Post

22 Klinik di Gili Diduga Ilegal

Redaksi Lombok Post

Dua Formasi Dokter Spesialis Tanpa Pelamar

Redaksi Lombok Post

Bank Mandiri Taspen Bekali Calon Pensiunan

Redaksi Lombok Post

Tambang Rakyat Boleh, Asalkan?

Redaksi Lombok Post

Manfaatkan Limbah Plastik untuk Campuran Aspal

Redaksi Lombok Post

Keberadaan Minimarket di SPBU Telaga Wareng Jadi Polemik

Redaksi Lombok Post

Formasi CPNS Kabupaten Lombok Utara Didominasi Tenaga Pendidik

Redaksi Lombok Post

Dewan Lombok Utara Minta Kepastian Waktu Pencairan Jadup Korban Gempa

Redaksi Lombok Post