Lombok Post
Selong

ACT-PWJ Ajari Warga Sajang Cara Mengelola Air

WORKSHOP: Warga mendaftar untuk ikut dalam Hygiene Workshop di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, kemarin (11/11).

MATARAM-Aksi Cepat Tanggap (ACT) bekerja sama dengan Peace Winds Japan (PWJ) menggelar Hygiene Workshop. Kegiatan itu akan digelar setiap minggu di bulan November.

Minggu ini acara digelar di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Jumlah peserta yang hadir mencapai 100 orang. ACT mendatangkan para ahli dari Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia (HAKLI) NTB sebagai pemateri.

Kapala Cabang ACT NTB Lalu Muhammad Alfian berharap, dengan program hygiene workshop tersebut warga Sembalun mendapatkan edukasi bagaimana pengolahan air bersih. Kemudian bisa diterapkan dalam kebiasaan sehari-hari warga. ”Dengan workshop warga mendapat pengetahuan tentang cara mengelola air bersih agar aman dikonsumsi,” katanya.

ACT dan PWJ membangun jaringan pipanisasi air bersih sepanjang 13 km dari desa Sembalun Lawang sampai dengan Desa Sajang. Pipa itu akan segera di fungsikan untuk menyuplai kebutuhan air bersih warga Sajang yang mengalami kesusahan air bersih pascagempa 2018.

Samsyul Rizal, perwakilan HAKLI NTB menekankan, warga harus mampu memanfaatkan potensi air bersih di lingkungannya untuk kebutuhan sehari-hari. Termasuk mengantisipasi dampak musim kemarau saat ini.

Untuk menjaga air tetap bersih, warga juga harus tetap menjaga kebersihan lingkungan. Jangan sampai sumber-sumber mata air tercemar aktivitas manusia. (ili/r5)

Berita Lainnya

Tiga Pelajar di Lotim Tertangkap Saat Pesta Sabu

Redaksi Lombok Post

Tipu TKI, Oknum Pegawai Disnakertrans Lotim Hilang

Redaksi Lombok Post

Selama 2019, Polisi Tangkap 79 Pelaku 3C

Redaksi Lombok Post

Diduga Jadi Calo TKI, ADBMI Minta Oknum Pegawai Disnakertrans Diberi Sanksi

Redaksi Lombok Post

Puting Beliung Rusak Tiga Rumah di Sambelia

Redaksi Lombok Post

Tahun Depan, TKD Guru PNS Sertifikasi Dihapus

Redaksi Lombok Post

Warga Kelayu Selatan Simpan 10,5 Gram Sabu

Redaksi Lombok Post

Puncak Rinjani Tutup, Pendaki Tetap Nekat!

Redaksi Lombok Post

Empat Spesialis Pencuri Mobil di Lotim Dihadiahi Timah Panas

Redaksi Lombok Post