Lombok Post
Headline Tanjung

Formasi CPNS Kabupaten Lombok Utara Didominasi Tenaga Pendidik

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) KLU HM Najib

TANJUNG-Pendaftaran tes CPNS resmi dibuka kemarin (11/11). Pemerintah Kabupaten Lombok Utara (KLU) mendapatkan jatah sebanyak 237 formasi CPNS. Dari ratusan formasi tersebut, didominasi formasi tenaga pendidik.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKDPSDM) KLU HM Najib mengungkapkan dari 237 formasi tersebut, untuk tenaga pendidik yang dibutuhkan sebanyak 156 orang, tenaga kesehatan sebanyak 60 orang, dan tenaga teknis lainnya sebanyak 21 orang.

“Formasi tenaga pendidik masih mendominasi,” ujarnya, kemarin (11/11).

Najib menuturkan, banyaknya kebutuhan formasi tenaga pendidik berdasarkan hasil analisa jabatan (anjab) yang dilakukan pemkab sebelumnya. Anjab menunjukkan jika di KLU masih kekurangan tenaga guru. Di samping itu banyak guru yang akan pensiun.

Secara umum, kata Najib, KLU masih kekurangan ASN sebanyak 1.300 orang. Dengan adanya penambahan kuota dalam tes kali ini, setidakya sebanyak 18,2 persen kekurangan tersebut bisa teratasi.

Sementara itu, Kepala Bidang PSDM Setda KLU Datu Aryanata Bayuaji menuturkan, di hari pertama pembukaan CPNS masih belum ada pendaftar. Namun data statistik website menunjukkan sudah banyak orang yangmengunjungi laman untuk mengetahui informasi pendaftaran CPNS.

“Di hari pertama pembukaan pendaftaran CPNSbelum ada yang mendaftar. Mungkin pendaftar sedang mempersiapkan syarat-syaratanya,” jelasnya.

Datu mengungkapkan, dari tiga formasi yang dibuka, formasi tenaga pendidik memang yang paling banyak. Kuota yang ada saat ini bisa sedikit menutup kekurangan yang ada.

“Selain guru, tenaga kesehatan juga kurang. tapi Alhamdulillah sekarang kita diberikan (formasi) cukup banyak juga,” katanya.

Sementara perihal tes, Datu mengatakan masih sama seperti tes-tes sebelumnya. Pendaftaran dilakukan secara online. Hanya saja, kali ini berkas pendaftaran berupa paperless. Artinya, semua persyaratan di-scan dan diserahkan ke BKDPSDM.

“ Untuk penempatan  formasi itu sesuai dengan yang didaftarkan karena jatah itu diberikan pusat,” pungkasnya. (fer/r4)

Berita Lainnya

Pemprov Berharap Investor Kereta Gantung di kawasan Gunung Rinjani Serius

Redaksi Lombok Post

Pasien BPJS Sumbang Rp 166,2 Miliar

Redaksi Lombok Post

TKI NTB Sumbang Devisa Tertinggi

Redaksi Lombok Post

Dishub Pastikan Rute Lari dan Bersepeda Ironman 7.3 Lombok 2020 Aman

Redaksi Lombok Post

All New Honda BeAT Series dengan Berlimpah Teknologi Baru

Redaksi Lombok Post

Capai Visi Perusahaan Kelas Dunia, Amman Mineral Evaluasi Karyawan

Redaksi Lombok Post

BPJS Bantah Nunggak Enam Bulan

Redaksi Lombok Post

Bulan Depan Mohan Umumkan Pasangan

Redaksi Lombok Post

Gali Pendapatan yang Hilang di Gili Trawangan

Redaksi Lombok Post