Lombok Post
Metropolis

Ini Langkah Pemprov Cegah Kebakaran di Kebon Kongok

MENJEMPUT REZEKI: Para pemulung terlihat sedang memilah dan memilih sampah yang akan dikumpulkan untuk dijual lagi kepada para pengepul di TPA Regional Kebon Kongok, Minggu (10/11).

MATARAM-Pemadaman kebakaran TPA Kebon Kongok benar-benar menguras kantong daerah. Karena itu, Pemprov NTB tidak mau kejadian itu terulang lagi.

Sekretaris Dinas LHK NTB Syamsuddin mengatakan, meski proses pemadaman lebih cepat, namun pihaknya akan menjadikan bencana ini sebagai pengalaman berharga. TPA juga memiliki potensi yang nyatanya lebih besar menimbulkan kebakaran. Lantaran tumpukan sampah yang mengendap mengandung gas metana. “Benar-benar menjadi fokus perhatian kami,” terangnya.

Untuk itu, Dinas LHK NTB tidak lama lagi akan merealisasikan mitigasi bencana di TPA. Syamsuddin mengatakan, pihaknya akan segera membangun satu sumur bor, lengkap dengan peralatannya. Sumber dana berasal dari APBD-P 2019  Rp 190 juta.

Sumur bor ini sangat penting. Karena yang membuat proses pemadaman hingga pendinginan berlangsung lama, para petugas kesulitan menemukan sumber air. “Kami koordinasi dengan Dinas ESDM NTB dan sudah dicek secara geolistik, kedalamannya sekitar 40 meter, sekarang tahapannya menuju pembangunan konstruksinya,” tegasnya.

Terpisah, Asisten II Setda NTB H Ridwan Syah menjelaskan, Pemprov NTB sangat serius untuk merealisasikan mitigasi bencana di TPA. Apalagi pengelolaan TPA juga masuk dalam program zero waste. Langkah penyediaan sarpras mitigasi bencana, untuk mengantisipasi dan mengurangi risiko kebakaran. Sebab pada TPA dengan sistem landfill, sangat rentan kebakaran. “Kita (pemprov) benahi tata kelola TPA, termasuk penambahan alat-alat berat di sekitar lokasi,” ujarnya. (yun/r5)

Berita Lainnya

Bank Sinarmas Beri Pelatihan Pelaku UMKM

Redaksi Lombok Post

Warga Sekarbela Sumbang Rp 162,5 Juta untuk Palestina

Redaksi Lombok Post

Rayuan Maut Calo Tipu Para TKI

Redaksi Lombok Post

Event MotoGP Mandalika Bisa Sedot 200 Ribu Penonton

Redaksi Lombok Post

Bertaruh Nyawa di Lubang PETI

Redaksi Lombok Post

Kaum Disabilitas NTB Minta Pemerintah Serius

Redaksi Lombok Post

1.228 Orang Terancam Kehilangan Jabatan

Redaksi Lombok Post

Astaga, Enam TKI Asal NTB Diduga Jadi Korban TPPO

Redaksi Lombok Post

Balai TNGR Batasi Jumlah Pendaki Rinjani

Redaksi Lombok Post