Lombok Post
Headline Praya

Pendaftaran CPNS Resmi Dibuka

ilustrasi

PRAYA-Bagi yang ingin menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Lombok Tengah, selama 15 hari kedepan pendaftaran dibuka. Peminat dipersilakan melengkapi syarat yang ada, lalu mengikuti prosedur yang berlaku.

      ”Kita buka mulai Minggu (11/10) kemarin, sampai 25 November mendatang,” beber Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Loteng H Mohammad Nazili, Sabtu (9/11) lalu.

      Pihaknya mempersilakan datang langsung ke BKPP Loteng. Ada aneka informasi detail dan rinci di sana. Dijelaskan, dari 1.520 usulan, hanya 479 kursi yang direalisasikan. Yang paling banyak dibutuhkan, tenaga guru dan tenaga kesehatan.

”Pendaftaran menggunakan sistem online, tidak lagi manual seperti tahun 2018 lalu,” terang Nazili. Untuk itulah, para pendaftar tidak perlu repot-repot membawa berkas pendaftaran. Termasuk, tes, tetap berlaku sistem computer assited test (CAT) atau tes berbasis computer.

Lokasi CAT, diputuskan di SMKN 1 Praya Tengah. Alasannya, ditempat itu tersedia perlengkapan komputer lengkap dan jaringan internet memadai. Jadwalnya, untuk tes kompetensi dasar (TKD) Februari mendatang, kemudian tes kompetensi bidang (TKB) Maret.

Nazili menekankan, bagi yang memiliki sertifikat pendidik (Serdik) bagi guru, atau surat tanda registrasi (STR) bagi tenaga kesehatan, maka tidak perlu mengikuti TKD. ”Pendaftaran secara online ini juga, akan mempersempit ruang gerak Serdik atau STR palsu. Bahkan, ijazah palsu,” ujarnya.

Dia berharap, seluruh formasi yang tersedia, terisi semua. Tidak seperti tahun 2018 lalu, ada yang kosong. ”Salah satu yang penting adalah formasi guru Pendidikan Agama Islam (PAI),” cetus Kasi PAI Kementerian Agama (Kemenag) Loteng H Muhammad Azuddin, terpisah.

Jumlahnya tidak sesuai dengan jumlah lembaga pendidikan yang ada. Ada beberapa SD dan SMP yang kekurangan guru PAI, bahkan tidak ada sama sekali. Untuk menutupinya, guru PAI dari sekolah lain yang mengajar, bahkan ditutupi guru bidang studi lain. ”Kami dari Kemenag siap membantu,” tutupnya. (dss/r9)

Berita Lainnya

Pastikan Ujian Nasional Dihapus

Redaksi Lombok Post

Di Bawah Bayang-Bayang PT Gili Trawangan Indah

Redaksi Lombok Post

Tiga Pelajar di Lotim Tertangkap Saat Pesta Sabu

Redaksi Lombok Post

Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia Klarifikasi Pernyataan Menkes

Redaksi Lombok Post

Hebat, Patut Dicontoh, MTsN 1 Loteng Raih Predikat Kantin Sehat

Redaksi Lombok Post

Jangan Mau Merariq Kodek, Gak Keren Tau!

Redaksi Lombok Post

Atlet Menembak dan Selancar NTB Sumbang Emas untuk Indonesia

Redaksi Lombok Post

27 UMKM Lingkar KEK Mandalika Dapat Bantuan

Redaksi Lombok Post

Hitung Mundur, 24 Bulan Menuju MotoGP

Redaksi Lombok Post