Lombok Post
Headline Metropolis

Waspadai Hujan Lebat Disertai Angin Kencang

RUSAK: Rumah warga di Dusun Aikmual, Desa Sekotim, Kecamatan Lembar, Lombok Barat rusak diterajang angin kencang, kemarin (13/11).

MATARAM-Bencana mulai mengancam NTB. Warga harus mulai waspada bila terjadi hujan lebat disertai angin kencang. Kemarin (13/11), tiga rumah warga di Dusun Aikmual, Desa Sekotim, Kecamatan Lembar, Lombok Barat rusak diterajang angin puting beliung.

                Kepala Pelaksana BPBD NTB H Ahsanul Khalik menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Pemilik rumah kini sudah mengungsi di rumah keluarga dan tetangga. ”Korban sudah mendapat penanganan dari BPBD Lobar,” katanya, kemarin (13/11).

                Peristiwa di Lembar menjadi peringatan untuk meningkatkan kewaspadaan. Masing-masing daerah saat ini sudah mulai siaga memasuki musim hujan. Seluruh BPBD di NTB sudah bersiaga. Pasukan BPBD sudah disiapkan. Pembersihan saluran drainase dan sungai sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. ”Semua daerah tetap siaga,” ujarnya.

                Beberapa daerah sudah melakukan apel siaga, seperti Pemkot Mataram, Pemkab Lombok Timur, Sumbawa dan Sumbawa Barat. Sementara Lombok Tengah baru melakukan perantingan pohon.

Terpisah, Prakirawan BMKG Stasiun Klimatologi Lombok Barat Restu Patria Megantara menjelaskan, saat ini sebagian wilayah NTB, khususnya di Pulau Lombok bagian barat memasuki periode transisi musim kemarau menuju musim hujan.

”Sekarang ini perlu diwaspadai perubahan kondisi cuaca yang sangat cepat dari cuaca panas tiba-tiba menjadi hujan lebat,” imbuhnya.

Selain itu, perlu juga diwaspadai potensi cuaca ekstrem, seperti hujan lebat datang tiba-tiba diikuti angin kencang. Kemudian potensi angin puting beliung yang sering terjadi di periode peralihan musim. (ili/r5)

Berita Lainnya

Pastikan Ujian Nasional Dihapus

Redaksi Lombok Post

Di Bawah Bayang-Bayang PT Gili Trawangan Indah

Redaksi Lombok Post

Tiga Pelajar di Lotim Tertangkap Saat Pesta Sabu

Redaksi Lombok Post

Warga Sekarbela Sumbang Rp 162,5 Juta untuk Palestina

Redaksi Lombok Post

Perhimpunan Intervensi Kardiologi Indonesia Klarifikasi Pernyataan Menkes

Redaksi Lombok Post

Jangan Mau Merariq Kodek, Gak Keren Tau!

Redaksi Lombok Post

Atlet Menembak dan Selancar NTB Sumbang Emas untuk Indonesia

Redaksi Lombok Post

Hitung Mundur, 24 Bulan Menuju MotoGP

Redaksi Lombok Post

Sembilan Produk Rucika Raih Green Label Indonesia

Redaksi Lombok Post