Lombok Post
Praya

Dam Mujur Belum “Mujur”

AIR MELIMPAH : Air irigasi pertanian embung rakyat di Desa Montong Terep, Praya Lombok Tengah, masih melimpah, Minggu (24/11).

PRAYA-Pembangunan Dam Mujur masih terganjal pembebasan lahan. Inilah yang membuat pemerintah pusat belum mengucurkan anggaran.  “Dam Mujur harga mati,” tegas Anggota Komisi IV DPRD Lombok Tengah Legewarman pada Lombok Post, kemarin (27/11).

        Dia mengatakan, dalam pelbagai pandangan umum fraksi-fraksi. Partai Bulan Bintang (PBB) menjadi garda terdepan mendukung pemkab membangun Dam Mujur. Khususnya, penyelesaian masalah sosial masyarakat.

Saat ini tahapan  pemindahan penduduk dan pemukiman di salah satu desa di Kecamatan Praya Tengah, belum diselesaikan. Jika itu klir, barulah perencanaan anggaran dan persiapan pelaksanaan pembangunan.

        Menurut dia, sebagian masyarakat sebenarnya mendukung pembangunan Dam Mujur. Asalkan, pemerintah  memastikan kemana warga direlokasi, kemudian berapa harga penggantian lahan dan bangunannya. “Total luas lahan yang dibutuhkan mencapai seluas 340 hektare (ha),” kata wakil rakyat dapil Pujut-Praya Timur tersebut.

Sedangkan, total luas lahan pertanian yang mampu dialiri mencapai 10.121 ha. “Bahkan, bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan air bersih,” lanjut Legewarman. Selain itu, Dam Mujur juga bisa dimanfaatkan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Untuk itulah, tidak ada tawar menawar lagi.

Terpisah, Kepala Desa (Kades) Mertak H Bangun menilai Dam Mujur dapat mendongkrak produktifitas pertanian Loteng. Bahkan petani di  wilayah Pujut, Praya Timur, Praya Tengah, Janapria, Praya Barat, Praya Barat Daya, dan sebagian wilayah Praya, bisa menanam padi dua atau tiga kali.

Hal ini dianggap menjadi solusi kekeringan menahun yang selalu menghantui pertanian di selatan Loteng.

“Artinya, jangan mimpi surplus pangan, kalau Dam Mujur belum terwujud,” ujar Bangun.(dss/r2)

Berita Lainnya

Hebat, Patut Dicontoh, MTsN 1 Loteng Raih Predikat Kantin Sehat

Redaksi Lombok Post

Jangan Mau Merariq Kodek, Gak Keren Tau!

Redaksi Lombok Post

27 UMKM Lingkar KEK Mandalika Dapat Bantuan

Redaksi Lombok Post

Hitung Mundur, 24 Bulan Menuju MotoGP

Redaksi Lombok Post

Dana Dam Mujur Tersedia, Daerah Harus Kompak

Redaksi Lombok Post

Pasangan HL Pathul Bahri dan Ferdi Elmansyah Hampir Final

Redaksi Lombok Post

11 Pengedar Narkoba Antar-Kabupaten Dibui

Redaksi Lombok Post

Ferdi Dapat Restu Ibu Siap Maju di Pilbup Loteng 2020

Redaksi Lombok Post

Majukan Pariwisata dengan Menggenjot SDM

Redaksi Lombok Post