Lombok Post
Headline Metropolis

Musim Hujan, BMKG Minta Masyarakat Waspada

Kepala Pelaksana BPBD NTB H Ahsanul Khalik

MATARAM-Hujan lebat dan angin puting beliung menerjang sejak pertengahan November lalu.  ”Semua daerah harus waspada,” imbuh Kepala Pelaksana BPBD NTB H Ahsanul Khalik, kemarin.

                Angin puting beliung menerjang Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia, Lombok Timur, kemarin siang. “Tidak ada korban jiwa dalam,” katanya.

                Dari 15 – 29 November, BPBD mencatat hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan 16 pohon tumbang, 53 rumah rusak, dan dua warga luka-luka. Kejadiannya di Kota Mataram, Lombok Barat, dan Lombok Timur.

                Kepala Seksi Penyelamatan dan Evakuasi BPBD NTB Ibrahim Kurninawa menjelaskan, penanganan bencana dilakukan bersama kabupaten/kota. ” Tim TSB BPBD melakukan pembersihan pohon tumbang yang menutupi akses jalan,” katanya.

Sementara warga korban puting beliung telah mendapatkan bantuan dari masing-masing daerah. ” BPBD NTB terus berkoordinasi dengan BMKG terkait kondisi cuaca,” katanya.

Sejak kemarin, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan imbauan untuk waspada. Tiga hari ke depan, semua wilayah NTB berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir. ”Masyarakat diimbau tetap waspada,” kata Kepala Stasiun Meteorologi BIL Nanang Buchori dalam edarannya.

Pada masa peralihan musim, beberapa potensi bencana yang bisa terjadi. Mulai banjir, longsor, pohon tumbang, jalan licin, hingga gelombang tinggi. (ili/r5)

Berita Lainnya

Pemprov-Gojek Latih Pengusaha Lokal

Redaksi Lombok Post

Dibalik Cerita Kereta Gantung, Bermanfaat atau Mudarat?

Redaksi Lombok Post

Honda Awali 2020 Dengan Edukasi Keselamatan Berkendara

Redaksi Lombok Post

Ruslan Turmuzi : Pembangunan Kereta Gantung Bukan Skala Prioritas

Redaksi Lombok Post

Ikut Pilkada 2020, Selly dan Saswadi Akan Dimutasi

Redaksi Lombok Post

Kelompok Pecinta Alam Tolak Pembangunan Kereta Gantung Rinjani

Redaksi Lombok Post

Pemprov Berharap Investor Kereta Gantung di kawasan Gunung Rinjani Serius

Redaksi Lombok Post

Pasien BPJS Sumbang Rp 166,2 Miliar

Redaksi Lombok Post

TKI NTB Sumbang Devisa Tertinggi

Redaksi Lombok Post