Lombok Post
Headline Selong

Puting Beliung Rusak Tiga Rumah di Sambelia

DITERBANGKAN: Warga Desa Padak Guar, Kecamatan Sambelia sedang berdiri depan berugak miliknya yang dirobohkan angin puting beliung, kemarin (29/11).

SELONG-Angin puting beliung menerjang Desa Padak Guar, Kecamatan Sembelia, kemarin. “Tiga rumah rusak. Satu berugak terpental tujuh meter,” kata Camat Sambelia Zaitul Akmal, kemarin.

Bencana ini terjadi sekitar pukul 14.15 Wita. Saat itu langit mendung. Beberapa warga yang berada tak jauh dari pusaran angin merekam kejadian itu di kamera telepon pintarnya. “Tidak ada korban jiwa,” terang Akmal yang langsung menemui warganya.

Kasi Kedaruratan Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Lotim Helmi Eka Saputra menjelaskan, angin itu diduga terjadi akibat peralihan musim kemarau ke penghujan. Puting beliung itu dikatakan berintensitas ringan. Sehingga tidak mengakibatkan dampak yang terlalu besar. “Tiga rumah rusak ringan di Dusun Pura Karya dan Tibu Borok,” jelas Helmi.

Kerusakan rumah tidak sampai merobohkan tembok. Melainkan hanya menerbangkan atapnya. Atap yang diterbangkan pun bukan atap genteng. Atapnga dari asbes yang kekuatannya memang sudah kurang.

Ia memastikan tak ada korban. Baik luka ringan apalagi meninggal dunia. Tim pun sudah melakukan evakuasi dan cek lokasi. “Kami sudah mengirimkan enam buah terpal,” ujarnya.

Mengingat peralihan musim akan terus berlangsung, Helmi mengimbau kepada warga agar tetap waspada. Terutama pada bencana alam yang bisa saja terjadi di musim hujan. “Waspadai longsor, banjir, dan puting beliung,” jelas dia. (tih/r5)

Berita Lainnya

Dibalik Cerita Kereta Gantung, Bermanfaat atau Mudarat?

Redaksi Lombok Post

Honda Awali 2020 Dengan Edukasi Keselamatan Berkendara

Redaksi Lombok Post

Ruslan Turmuzi : Pembangunan Kereta Gantung Bukan Skala Prioritas

Redaksi Lombok Post

Ikut Pilkada 2020, Selly dan Saswadi Akan Dimutasi

Redaksi Lombok Post

Kelompok Pecinta Alam Tolak Pembangunan Kereta Gantung Rinjani

Redaksi Lombok Post

Pemprov Berharap Investor Kereta Gantung di kawasan Gunung Rinjani Serius

Redaksi Lombok Post

Pasien BPJS Sumbang Rp 166,2 Miliar

Redaksi Lombok Post

TKI NTB Sumbang Devisa Tertinggi

Redaksi Lombok Post

Dishub Pastikan Rute Lari dan Bersepeda Ironman 7.3 Lombok 2020 Aman

Redaksi Lombok Post