Lombok Post
Selong

Selama 2019, Polisi Tangkap 79 Pelaku 3C

UNGKAP KASUS: Kapolres Lotim AKBP Bagus Winarta (tengah) didampingi Wakapolres Kompol Bayu Eko Pandu W (kanan) dan Kasatreskrim AKP I Made Yogi Purusa Utama dalam mediasi pengungkapan kasus 3C tahun 2019 di Mapolres Lotim, kemarin.

SELONG-Polres Lotim menunjukkan upaya maksimal menangani kasus curas, curat, dan curanmor (3C). Selama 2019, 64 laporan berhasil diungkap. “Total 79 tersangka kami tangkap,” kata Kapolres Lotim AKBP Bagus Winarta, kemarin (2/12).

Dari jumlah itu, 18 tersangka ditahan di Polres Lotim. Tiga tersangka anak telah dilimpahkan dari Balai Paramitha ke Kejari Lotim. Sebanyak 58 tersangka lainnya juga sudah dilimpahkan ke Kajari Lotim. “Tahap II,” jelas Bagus.

Dari tangan para tersangka, pihaknya berhasil menyita 119 barang bukti. Ada 82 kendaraan roda dua, 10 kendaraan roda empat, dan 2 unit kendaraan roda enam. Ada juga barang curian, mesin kapal, laptop, tas, dan handpone. “Ada juga senjata yang digunakan para pelaku saat beraksi,” jelas Bagus.

Keberhasilan ini menunjukkan adanya peningkatan pengungkapan kasus. Bagus menjelaskan, beberapa pelaku yang tertangkap merupakan buronan dan spesialis 3C. Tak sedikit dari mereka yang merupakan residivis.

Jelang akhir tahun, Bagus mengimbau masyarakat meningkatkan kewaspadaan. Tidak sedikitnya kasus pencurian yang terjadi di permukiman. Terutama pada jam malam. “Masyarakat bisa mengoptimalkan adanya ronda malam,” ajaknya.

Kapolres juga berharap masyarakat segera melaporkan jika kehilangan. Jangan sampai termakan oleh pelaku yang meminta tebusan. “Lapor saja, jangan takut,” pintanya.

Kasatreskrim Polres Lotim AKP I Made Yogi Purusa Utama menerangkan, dibanding 2018, jumlah laporan polisi (LP) 2019 turun. Namun pengungkapan justru meningkat signifikan di banding tahun sebelumnya.

Tahun 2018 terdapat sekitar 800 LP dengan pengungkapan sekitar 15 persen. Tahun 2019  menurun  menjadi sekitar 600 LP. “Dari jumlah itu, kita sudah ungkap sampai 80 persen,” jelas Yogi. (tih/r5)

Berita Lainnya

Tiga Pelajar di Lotim Tertangkap Saat Pesta Sabu

Redaksi Lombok Post

Tipu TKI, Oknum Pegawai Disnakertrans Lotim Hilang

Redaksi Lombok Post

Diduga Jadi Calo TKI, ADBMI Minta Oknum Pegawai Disnakertrans Diberi Sanksi

Redaksi Lombok Post

Puting Beliung Rusak Tiga Rumah di Sambelia

Redaksi Lombok Post

Tahun Depan, TKD Guru PNS Sertifikasi Dihapus

Redaksi Lombok Post

Warga Kelayu Selatan Simpan 10,5 Gram Sabu

Redaksi Lombok Post

Puncak Rinjani Tutup, Pendaki Tetap Nekat!

Redaksi Lombok Post

Empat Spesialis Pencuri Mobil di Lotim Dihadiahi Timah Panas

Redaksi Lombok Post

Warga Tebaban Gedor Kantor Desa

Redaksi Lombok Post