Lombok Post
Teknologi

5 Tips Agar Paket Internet Tidak Habis Tiba-tiba

Saat ini, hampir semua orang sudah menggunakan gadget dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari bekerja atau bahkan kebutuhan belajar sudah bisa diakomodasi melalui penggunaan smartphone. Oleh karena itu, kamu tentu harus menyediakan pulsa dan paket data internet untuk kebutuhan komunikasi sampai streaming materi.

Namun, pernahkah kamu menggunakan smartphone dan terkejut saat melihat pulsamu sudah terkuras tanpa disadari? Meskipun rasanya tidak melakukan banyak aktivitas secara langsung, kuota internetmu tetap terpakai karena aplikasi melakukan pembaruan terus menerus. Agar kamu bisa mengendalikan penggunaan kuota internet, berikut ini tips yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisasi kuota habis tanpa disadari.

  1. Matikan data jika sinyal tidak stabil

Jika berada di tempat yang ramai seperti bandara, kereta api, konser musik, bioskop atau bahkan pusat perbelanjaan di akhir pekan, jangan heran kalau koneksi internetmu lambat. Hal ini biasanya terjadi karena ponsel yang kamu pakai sulit untuk mengumpulkan sinyal ke dalam kumpulan banyak orang. Selain itu, saat hujan pun jaringan akan melambat ini karena lintas jaringan biasanya mengalami gangguan. Satu-satunya cara yang bisa kamu lakukan adalah keluar dari area keramaian atau menunggu hujan berhenti.

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Digunakan

Tahukah kamu walau aplikasi yang tidak digunakan dalam handphone-mu tetap menguras pulsa? Hal ini terjadi karena mereka tetap beroperasi mengumpulkan data dan mencari sinyal. Selain itu, pengaturan default aplikasi akan terus melakukan pembaruan meski otomatis jika pengaturannya tidak dinonaktifkan. Oleh karena itu, sebaiknya kamu selalu mengecek aplikasi secara berkala dan hapus aplikasi yang jarang digunakan agar tidak menghabiskan kuota data.

  1. Jangan Gunakan Aplikasi Secara Bersamaan

Kamu perlu perhatikan aplikasi apa saja yang sedang digunakan dan jangan menggunakannya dalam waktu yang bersamaan. Terkadang kamu sering lupa karena kamu terlalu asik dan sibuk berpindah dari aplikasi satu ke aplikasi lainnya. Namun, hal tersebut akan terus menerus membuat aplikasi beroperasi dan semakin banyak menguras data. Selain itu, terkadang penggunaan aplikasi secara bersamaan juga membuat koneksi internet melambat.

  1. Gunakan Internet Seperlunya

Tidak dapat dimungkiri bahwa hampir seluruh kegiatan dalam smartphone kita membutuhkan internet, terutama media sosial. Perhatikan berapa banyak sosial media yang ada di smartphone kamu. Banyak media sosial yang beroperasi dengan menampilkan banyak grafis berupa foto dan video. Nah, hal ini merupakan salah satu faktor yang menguras penggunaan kuota internet kamu, loh. Coba batasi penggunaan media sosial, streaming multimedia (musik dan video), dan game online. Manfaatkan fitur digital well being agar kamu bisa menyetel batas waktu yang kamu gunakan dalam akun media sosialmu. Jika sudah melebihi batas, kamu bisa mengatur penggunaan aplikasi tersebut sampai hari berganti.

  1. Aktifkan Paket Pulsa

Belilah paket pulsa dengan nominal yang besar sekaligus. Salah satu cara menghemat, kamu dapat beli paket Telkomsel terbaru dan manfaatkan pilihan paket dengan keuntungan terbanyak. Dengan cara ini, kamu tidak perlu isi ulang terus menerus. Jangan terbuai dengan iming-iming pulsa murah jika pada kenyataanya kamu masih harus mengulang pembelian pula secara berkala dan biaya yang dikeluarkan malah lebih besar.

Kehabisan pulsa memang sangat tidak mengenakan, terlebih jika pulsa tersebut habis tanpa disadari. Namun, kamu bisa mencoba tips-tips di atas untuk menyelamatkan kuota internet sehingga pulsamu tidak tiba-tiba habis lagi, deh.

Berita Lainnya

BRI Launching Aplikasi Junio Smart di SMPN 2 Mataram

Redaksi Lombok Post

ACS Group Launching Aruba Instant On di NTB

Redaksi Lombok Post

Gunakan Trik Ini Agar Tagihan Listrik Bulanan Tidak Membengkak

Redaksi Lombok Post

Ngelink Terus dengan N-Link, Internetnya Murah, IT Servisnya Berkualitas

Redaksi Lombok Post

Konsistensi Lenovo Lahirkan Produk Berkualitas yang Ramah di Kantong

Redaksi Lombok Post

Apple Bisa Gilas Kompetitor!

Redaksi Lombok Post

Samsung Raja, Apple Ambruk

Redaksi Lombok Post

Editan Snapchat Bikin Pengguna Marah

Redaksi Lombok Post

Ini AC Mungil Pertama di Dunia

Redaksi Lombok Post