Lombok Post
Headline Metropolis

Event MotoGP Mandalika Bisa Sedot 200 Ribu Penonton

MOTOGP: Seorang pekerja berdiri di bawah alat berat yang digunakan mengeruk tanah yang akan dijadikan sirkuit MOTOGP di kawasan KEK Mandalika, Lombok Tengah, sepekan lalu.

MATARAM-Event MotoGP diperkirakan menyedot penonton hingga 200 ribu orang. ”Daerah harus benar-benar siap,” kata Humas PT ITDC Gusti Lanang Bratasuta dalam pertemuan dengan DPD RI di kantor gubernur NTB, kemarin (3/12).

                Dengan estimasi penonton sebanyak itu, kapasitas hotel saat ini belum mencukupi. ”Hotel dari Mataram sampai Bima tidak lebih dari 10 ribu,” katanya.

                Ditambah dengan hotel-hotel di Bali pun tidak cukup. Pelaku usaha di Bali akan kesulitan jika tamu di atas 100 ribu orang.  ”Mereka kesulitan untuk transfortasinya,” ujar dia.

                PT ITDC menargetkan, tahun 2021 tersedia 1.200 kamar hotel dengan kebutuhan tenaga kerja 2.500 orang. ”Seluruh pelajar SMK dan poltekpar diluluskan tidak akan mencukupi,” katanya.

                Dengan target pengunjung sebesar itu, dia meminta pemda  proaktif menyambut event tersebut. Rumah-rumah warga bisa disiapkan menjadi penginapan. ”Karena penonton MotoGP ini fanatik,” imbuhnya.

                Dia meminta pemerintah menangkap peluang itu. ”Potensi pertumbuhan ekonomi sangat tinggi,” kata Bratasuta.

                Di sisi lain, dengan penonton sebesar itu, potensi keamanan juga perlu diantisipasi. ”Kalau tidak ditangani dengan baik bisa menjadi masalah sosial,” serunya.

                Wakil Ketua Komite I DPD RI Abdul Kholik mengatakan, event MotoGP bukan hanya urusan pemda di NTB, tapi pemerintah Indonesia. ”Masukan dari daerah akan jadi bahan kita ke pusat,” katanya.

                Dia akan meminta pemerintah pusat memberikan dukungan penuh supaya event balap dunia itu sukses. ”Ini akan kami bicarakan di tingkat pusat nanti,” ujarnya. (ili/r5)

Berita Lainnya

Kelompok Pecinta Alam Tolak Pembangunan Kereta Gantung Rinjani

Redaksi Lombok Post

Pemprov Berharap Investor Kereta Gantung di kawasan Gunung Rinjani Serius

Redaksi Lombok Post

Pasien BPJS Sumbang Rp 166,2 Miliar

Redaksi Lombok Post

TKI NTB Sumbang Devisa Tertinggi

Redaksi Lombok Post

Dishub Pastikan Rute Lari dan Bersepeda Ironman 7.3 Lombok 2020 Aman

Redaksi Lombok Post

All New Honda BeAT Series dengan Berlimpah Teknologi Baru

Redaksi Lombok Post

Capai Visi Perusahaan Kelas Dunia, Amman Mineral Evaluasi Karyawan

Redaksi Lombok Post

BPJS Bantah Nunggak Enam Bulan

Redaksi Lombok Post

Bulan Depan Mohan Umumkan Pasangan

Redaksi Lombok Post