Lombok Post
Giri Menang

Pemdes Senggigi Anggarkan Rp 3 Miliar untuk Bangun Kantor Desa yang Rusak Karena Gempa

Kepala Desa Senggigi Muhammad Ilham

GIRI MENANG-Pemerintah Desa Senggigi membangun kembali Kantor Desa yang roboh akibat gempa tahun lalu. Acara peletakan batu pertama dirangkai dengan perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dilaksanakan kemarin (4/12).

“Semenjak bencana gempa, baru sekarang bisa kami laksanakan pembangunan kantor desa. Rencana anggaran sekitar Rp 3 miliar,” ujar Kepala Desa Senggigi Muhammad Ilham.

Pembangunan tersebut akan dilaksanakan selama tiga tahun. Dianggarkan tahap awal sebesar Rp 500 juta. Luas bangunan kantor desa ini nantinya 22 meter x 18 meter dibangun dua lantai. Pembiayaannya bersumber dari dana bagi hasil pajak.

“Ahamdulillah semua dana bagi hasil pajak dengan pemerintah kabupaten kami alokasikan untuk ini. Tidak berani dari dana DD dan ADD,” jelas Kades.

Ia berharap dengan pembangun gedung baru kantor desa, pelayanan kepada masyarakat bisa lebih baik. Mengingat selama setahun terakhir pelayanan dilakukan di kantor darurat yang dibangun sementara.

Bupati Lobar H Fauzan Khalid yang hadir dalam peletakan batu pertama mengungkapkan Senggigi menjadi desa pertama yang memiliki destinasi wisata di NTB. Sekitar tahun 1985 pembangunan wisata di Senggigi dirintis Gubernur Gatot Suherman.

“Senggigi ini terus berkembang,” nilainya.

Industri pariwisata memberikan banyak efek positif bagi masyarakat. “Kalau negatif itu tergantung kita,” lanjutnya.

Fauzan mengajak masyarakat Senggigi dan Lombok Barat pada umumnya berpikir modern. Dalam artian masyarakat harus berpikir global atau mendunia. Namun sikap dan tingkah laku harus sesuai adat istiadat, budaya dan agama.

“Yang salah kaprah itu modern dianggap harus mengikuti gaya hidup orang luar, caranya berpakaian seperti bule tapi berpikirnya kampungan,” ucap dia.

Pola pikir inilah yang harus diubah. Sehingga, ke depan Senggigi tetap menjadi desa dengan wisata dunia namun tetap mempertahankan kearifan lokal budaya dan nilai adat istiadat di dalamnya. (ton)

Berita Lainnya

Lingsar-Narmada Ingin Pisah dari Lobar, Nilai Pembangunan Belum Merata

Redaksi Lombok Post

Sebagian Kades di Batulayar-Gunungsari Minta Pisah dari Lombok Barat

Redaksi Lombok Post

Sewa Lahan Eks Pasar Tanak Beak Kemana?

Toni Lombok Post

Terjerat Narkoba, Kades Tempos Diborgol

Redaksi Lombok Post

Lalu Irwan Janjikan Perbaikan Jembatan dan Tempat Pemakaman Dasan Geres Tahun Depan Melalui Pokir

Redaksi Lombok Post

PLN NTB Akui Ada Gangguan di PLTU Jeranjang

Redaksi Lombok Post

BPKAD Telusuri Aset di Bangko-Bangko

Redaksi Lombok Post

Baca Dulu Sebelum Daftar! Pendaftaran CPNS Ditutup 26 November

Redaksi Lombok Post

Promosi Senggigi Harus Libatkan Pelaku Pariwisata

Redaksi Lombok Post