Lombok Post
Praya

Hebat, Patut Dicontoh, MTsN 1 Loteng Raih Predikat Kantin Sehat

JADI CONTOH: Inilah kantin MTsN 1 Lombok Tengah yang menyajikan makanan aman dan sehat, Sabtu (7/12).

PRAYA-Kantin MTsN 1 Lombok Tengah ini patut dijadikan contoh. ”Kami mendapatkan predikat kantin sehat. Masuk penilaian nasional,” beber Kepala MTsN 1 Loteng Nasruddin Mansyur, Sabtu (7/12).

      Yang menilai, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Mataram. Sekolahnya termasuk dalam 839 sekolah di NTB, dari SD hingga SMA sederajat yang dinilai. Dari jumlah itu, 70 sekolah meraih piagam bintang keamanan pangan kantin sekolah (PBKPKS) BPOM.

      MTsN 1 Loteng menjadi satu-satunya yang ditunjuk untuk tingkat nasional. Kini sekolahnya mulai berbenah, menambah fasilitas kantin. Yang diawasi betul, mencegah masuknya binatang ke area kantin, termasuk semut dan lalat. Ada juga kantin khusus menjual buah-buahan.

      Pantauan Lombok Post, jumlah kantin di tempat itu ada tujuh. Secara kasat mata, biasa-biasa saja tidak ada yang mewah. Namun, seluruh isi dagangan kantin, baik nasi bungkus, gorengan, minuman ringan hingga jajan dinyatakan sehat dan aman. Tidak mengandung zat kimia berbahaya, itulah nilai lebihnya.

      ”Kami tidak menyangka BPOM memberikan kepercayaan. Terima kasih,” ujar Nasruddin, didampingi Kepala Tata Usaha (KTU) MTsN 1 Loteng Holidi Hariadi.

      Dia siap menularkan pola pengelolaan pada sekolah lain. Jika anak didik sehat, maka dengan cepat dan mudah mereka menangkap ilmu. ”Itu dimulai dari kantin yang kita siapkan,” katanya.

      Terpisah, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Loteng H Jalalussayuthi mengatakan, selain MTsN 1 Loteng. Kantin sehat BPOM juga diraih MAN 1 Loteng, MAN 2 Loteng dan MIN 4 Loteng. Dia bersyukur, para kepala madrasah mampu berinovasi dan berprestasi. ”Jadi yang lain segera menyesuaikan,” pesannya. (dss/r9)

Berita Lainnya

Warga Masih Butuh Bantuan Bedah Rumah

Redaksi Lombok Post

Pasar Seni Sengkerang Dipersoalkan

Redaksi Lombok Post

Bau Nyale Ditetapkan 14-15 Februari

Redaksi Lombok Post

Awal 2021 Uji Coba Sirkuit Mandalika, Marquez dan Rossi Ikut?

Redaksi Lombok Post

Apa Kabar Dam Mujur?

Redaksi Lombok Post

Warga Pengembur Seruduk Polres Loteng

Redaksi Lombok Post

Gawat, Stok Bantuan Bencana Menipis

Redaksi Lombok Post

Puting Beliung Bayangi Warga Loteng

Redaksi Lombok Post

Tak Ada Kelengkapannya, Kantor Bupati Lombok Tengah Belum Bisa Ditempati

Redaksi Lombok Post