Lombok Post
Ekonomi Bisnis Metropolis

Bank Sinarmas Beri Pelatihan Pelaku UMKM

FOTO BERSAMA: Asisten I Setda Kota Mataram L Martawang (tiga kanan) bersama Kepala OJK NTB Farid Faletehan (kiri), Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB HL Saswadi (tiga kiri) beserta jajaran PT Bank Sinarmas pusat dan Cabang Mataram, kemarin (13/12).

MATARAM-Bank Sinarmas mengadakan sosialisasi dan pelatihan. Pesertanya para nasabah, pelaku UMKM, dan Micro Sales Agent (MSA) di Pulau Lombok. “Ini cara kami  mendekatkan diri dengan UMKM dan menjaring lebih banyak,” kata Branch Manager Bank Sinarmas Cabang Mataram I Nengah Citayasa, kemarin (13/12).

Pelatihan ini untuk menyelenggarakan program-program pemerintah. Sehingga para peserta memiliki pemahaman layanan keuangan. “Terutama pengetahuan terhadap produk-produk keuangan,” katanya.

Asisten I Setda Kota Mataram L Martawang menyambut baik acara tersebut. “Manfaatkan ini (sosialisasi, Red) dengan baik, kembangkan usaha dengan produk pembiayaan yang dibutuhkan,” sarannya kepada para peserta.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM NTB HL Saswadi menambahkan, realisasi KUR di NTB hingga 30 November 2019 mencapai Rp 2,6 triliun. Besarnya angka ini belum berpengaruh dalam kegiatan ekspor. “Jangan melulu itu-itu saja yang ikut pelatihan, beri kesempatan pada yang lain,” kata mantan penjabat Bupati Lobar ini.

Kepala OJK NTB Farid Faletehan menyampaikan, NTB menjadi salah satu daerah potensial penyaluran kredit yang mencapai 25 persen. Tetapi NPL yang dicapai sebesar 1,7. Angka ini lebih rendah disbanding NPL nasional sebesar 2,8.

“Kenapa besar, artinya jumlah dana yang disalurkan (kredit) lebih besar dibanding dana yang dihimpun,” paparnya.

Setelah pelatihan ini persentase literasi keuangan masyarakat bertambah. Hasil survei 2016 mencapai 21 persen. “Sekarang sudah 32 persen,” kata Farid.

Farid berpesan kepada perbankan, khususnya Bank Sinarmas untuk terus berkontribusi meningkatkan literasi tersebut.

Sosialisasi yang digelar di salah satu hotel di Mataram itu dihadiri Regional Manager Bank Sinarmas Kanwil 9 (Bali Nusra) Yoseph Hari Pramono. Hadir juga Business Group Head Bank Sinarmas Muktiono Wibowo. (ewi/r1/*)

Berita Lainnya

Pemprov Berharap Investor Kereta Gantung di kawasan Gunung Rinjani Serius

Redaksi Lombok Post

Pasien BPJS Sumbang Rp 166,2 Miliar

Redaksi Lombok Post

TKI NTB Sumbang Devisa Tertinggi

Redaksi Lombok Post

Dishub Pastikan Rute Lari dan Bersepeda Ironman 7.3 Lombok 2020 Aman

Redaksi Lombok Post

BPJS Bantah Nunggak Enam Bulan

Redaksi Lombok Post

Dewan Minta BPJS Segera Bayar Tunggakan

Redaksi Lombok Post

Siaga Bencana, 700 Pasukan Dikerahkan

Redaksi Lombok Post

BPJS Nunggak, Pelayanan RS Terganggu

Redaksi Lombok Post

Ini Rencana Pemprov untuk TPA Rincung

Redaksi Lombok Post