Lombok Post
Headline Metropolis

Jaringan Listrik Rawan Terdampak Cuaca Ekstrem

PEMELIHARAAN: Petugas PLN memelihara jaringan listrik untuk mengantisipasi dampak cuaca ekstrem.

MATARAM–Antisipasi cuaca ekstrem, PLN NTB melakukan pemeliharaan jaringan. ”Potensi gangguan seperti pohon tumbang menimpa jaringan listrik sudah kami antisipasi,” kata Anton Sugiarto Senior, Manager Transmisi dan Distribusi PT PLN  Unit Induk Wilayah (UIW) NTB, kemarin (8/1).

                Jauh-jauh hari sebelumnya, PLN telah mengantisipasi dampak angin kencang dan hujan lebat. ”Teman-teman di lapangan terus berkoordinasi dengan BMKG setempat,” katanya.

Guna meminimalisasi gangguan, PLN secara rutin melakukan perabasan pohon di beberapa daerah. Juga pemeliharaan terhadap peralatan, baik peralatan transmisi ataupun distribusi. ”Kami berharap masyarakat proaktif melapor bila ada potensi bahaya menimpa jaringan listrik,” jelas Anton.

PLN  juga menyiapkan ratusan personel untuk siaga 24 jam. Mereka ditugaskan menangani gangguan, baik gangguan individu ataupun gangguan yang disebabkan cuaca ekstrem. ”Personel tersebar di seluruh wilayah NTB,” katanya.

 Dalam kondisi seperti itu, PLN tidak akan melakukan pemadaman, kecuali kondisi berbahaya. Misalnya, ketika ada pohon tumbang yang menimpa jaringan PLN. ”Terpaksa aliran listrik akan dipadamkan demi keamanan,” ujar Anton.

Terpisah, Kalak BPBD NTB H Ahsanul Khalik mengingatkan warga untuk waspada terbentuknya angin siklon tropis di 1.120 km, barat daya Pulu Rote, NTT. ”Fenomena ini mempengaruhi cuaca wilayah NTB,” katanya.

Fenomena ini berpotensi menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, angin kencang dengan kecepatan 40 km per jam. ”Serta gelombang laut setinggi 2,5 hingga 4 meter di selatan NTB,” katanya. (ili/r5)

Berita Lainnya

Pemprov-Gojek Latih Pengusaha Lokal

Redaksi Lombok Post

Dibalik Cerita Kereta Gantung, Bermanfaat atau Mudarat?

Redaksi Lombok Post

Honda Awali 2020 Dengan Edukasi Keselamatan Berkendara

Redaksi Lombok Post

Ruslan Turmuzi : Pembangunan Kereta Gantung Bukan Skala Prioritas

Redaksi Lombok Post

Ikut Pilkada 2020, Selly dan Saswadi Akan Dimutasi

Redaksi Lombok Post

Kelompok Pecinta Alam Tolak Pembangunan Kereta Gantung Rinjani

Redaksi Lombok Post

Pemprov Berharap Investor Kereta Gantung di kawasan Gunung Rinjani Serius

Redaksi Lombok Post

Pasien BPJS Sumbang Rp 166,2 Miliar

Redaksi Lombok Post

TKI NTB Sumbang Devisa Tertinggi

Redaksi Lombok Post