Lombok Post
Headline Metropolis

Dishub Pastikan Rute Lari dan Bersepeda Ironman 7.3 Lombok 2020 Aman

KOORDINASI: Dishub NTB bersama stakeholder terkait menggelar rapat persiapan penyelenggaraan Ironman 70.3 Lombok 2020 di ruang pertemuan Laboratorium Rujukan Nasional FLLAJ NTB, Kamis (16/1).

MATARAM-Lombok kembali dipercaya jadi tuan rumah kejuaran triathlon Ironman 70.3 Lombok 2020. “Rencananya tanggal 4 Juli,” kata Kepala Dishub NTB H Lalu Bayu Windia.

Pemprov NTB tentu saja tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Bayu mengatakan, pihaknya telah menggelar rapat persiapan pertama, bersama pihak penyelenggara pada Kamis (16/1). “Mereka datang untuk melihat bagaimana kesiapan pemda,” jelasnya.

Mulai dari rekayasa lalu lintas, kondisi fisik jalan raya di Lombok serta dukungan stakeholder terkait seperti hotel, tenaga kesehatan, dan lainnya. “Selain membahas itu, pihak panitia juga kami persilakan untuk mengecek semua rute yang akan dilalui,” terangnya.

Bayu mengungkapkan, para peserta Ironman akan berlaga dalam jarak tempuh sejauh 70,3 mil atau 113 kilometer. Untuk renang sepanjang 1,9 kilometer, bersepeda sepanjang 90 kilometer dan berlari sejauh 21,1 kilometer. “Saya rasa infrastruktur jalan kita sudah sangat siap,” tegasnya.

Rute yang akan dilalui terbagi pada beberapa lokasi. Untuk renang di kawasan Holiday Resort. Kemudian lanjut bersepeda dari Holiday Resort, menuju jalan raya Senggigi, Kota Tua Ampenan, Mataram, dan lanjut ke jalan lingkar selatan, jalan bypass BIL hingga bandara.

Memutar balik sepeda yang letaknya di kilometer 45 dan menuju ke lintasan awal dan berakhir di Holiday Resort. Dari sana, lanjut ke cabang lari dengan rute jalan raya Senggigi. “Rute itu nanti yang akan kami coba lakukan rekayasa lalu lintas,” terang Bayu.

Dia menyebut, pihak penyelanggara manargetkan seribu peserta. Dari seluruh belahan dunia. Karena itu, butuh persiapan matang dalam menyambut event internasional itu. “Kita akan gelar rapat lanjutan lagi bersama Polda NTB, dishub kabupaten kota dan yang lain,” pungkasnya.

Kepala Dinas Pariwisata NTB H Lalu Moh Faozal menyambut baik event ini. Karena dampak positif bagi angka kunjungan wisatawan, keterisian hotel, dan promosi destinasi wisata. “Ini angin segar bagi dunia pariwisata,” tegasnya. (yun/r5)

Berita Lainnya

Ayo Lestarikan Budaya Bangsa!

Redaksi Lombok Post

Gubernur Zul : Kades Jangan Memperkaya Diri dengan Dana Desa!

Redaksi Lombok Post

Batas Waktu Rehab Rekon Tinggal Sebulan, 23.217 Rumah Masih Belum Tertangani

Redaksi Lombok Post

Sekda NTB Sambut Baik Investor Rinjani

Redaksi Lombok Post

Catat, Kades Korupsi, Penyaluran Dana Desa Bakal Dihentikan

Redaksi Lombok Post

Gubernur: Investasi di Rinjani Tidak Langsung Diterima

Redaksi Lombok Post

MotoGP Mandalika Sebentar Lagi, Ketersediaan Kamar Hotel Masih Minim

Redaksi Lombok Post

Demi Anak, Yuli Ingin Bebas dari Candu Narkoba

Redaksi Lombok Post

Berebut Investasi di Gunung Rinjani

Redaksi Lombok Post