Lombok Post
Headline Pendidikan

SDN 9 Mataram Wakil Sekolah Sehat Tingkat Provinsi

MATARAM-SDN 9 Mataram terpilih menjadi wakil Kota Mataram dalam pemilihan sekolah sehat tingkat NTB. ”Ini kami terus berbenah,” kata Kepala SDN 9 Mataram Hj Masitah, kepada Lombok Post, kemarin (13/2).

 

Ditunjuknya sekolah yang berlokasi di Kelurahan Karang Baru, Kecamatan Selaparang itu karena sebelumnya mendapatkan juara satu tingkat Kota Mataram. ”Ditetapkan akhir tahun lalu,” imbuhnya.

 

Saat ini persiapan sekolah sudah mencapai 90 persen. Mencakup menata UKS dan melatih dokter-dokter kecil yang ditangani langsung oleh tim kesehatan puskesmas terdekat. ”Biar mereka paham bagaimana cara merawat temannya yang sakit,” kata dia.

Turut dilakukan upaya memperindah taman-taman di sekolah. Termasuk, pembuatan apotek hidup yang dirawat bersama para murid. ”Di sana kami ajarkan mereka, mana tanaman yang bisa dijadikan obat,” jelas Masitah.

 

Agar sejalan dengan program Zero Waste Pemprov NTB, murid diajarkan memilah sampah. ”Kami dibantu dari Dinas LH Kota Mataram,” terangnya.

 

Ia mengatakan, persiapan menyambut lomba sekolah sehat ini, ternyata memiliki banyak manfaat bagi peserta didik. Misalnya, mereka diajarkan bagaimana mengelola bahan-bahan bekas, menjadi benda menari. ”Kami ajarkan yang dasar-dasar dulu, misalnya ekobrik,” jelasnya.

 

Dalam hal menata dan merapikan tanaman, peserta didik diajarkan merawatnya dari proses pembibitan hingga tumbuh berdaun hijau. ”Orang tua juga membantu membawakan tanaman,” jelasnya.

 

Pihaknya terus berupaya, agar semua persiapan sesuai kriteria. Seperti, lingkungan sekolah harus bersih, indah, tertib, rindang, dan memiliki penghijauan yang memadai. Kemudian, tempat pembuangan yang cukup dan pengelolaan sampah.

 

Tak kalah penting, kantin dan petugas harus bersih dan rapi. Serta ruang kelas yang memenuhi syarat kesehatan dan membuat peserta didik merasa nyaman. ”Itulah usaha kami,” tandasya.

 

Anggota Tim UKS Kota Mataram Hj Rusmini mengatakan apa yang direkomendasikan, sudah dilaksanakan. Seperti, penyempurnaan data UKS dan trias UKS. Pendidikan, pelayanan dan pembinaan lingkungan kehidupan sekolah sehat. ”Harapan kami, semoga kerja keras bisa meraih hasil yang maksimal,” tandasnya. (yun/r9)

Berita Lainnya

Batas Waktu Rehab Rekon Tinggal Sebulan, 23.217 Rumah Masih Belum Tertangani

Redaksi Lombok Post

Catat, Kades Korupsi, Penyaluran Dana Desa Bakal Dihentikan

Redaksi Lombok Post

Demi Anak, Yuli Ingin Bebas dari Candu Narkoba

Redaksi Lombok Post

Berburu Tiket ke Hongkong lewat Faber-Castell Family Art Competitions

Redaksi Lombok Post

Banjir Bandang Terjang Sambelia, Ratusan Warga Mengungsi

Redaksi Lombok Post

Sebelum Terlambat, Yuk, Dampingi Anak Saat Menonton Youtube!

Redaksi Lombok Post

Ahyar Minta Tender Proyek Pemkot Mataram Dipercepat

Redaksi Lombok Post

Catat Nih, Pesan Chef William Wongso untuk Pengusaha Kuliner Lombok!

Redaksi Lombok Post

Pelabuhan Gili Mas Rampung, Kapal Pesiar Akan Lebih Mudah Bersandar

Redaksi Lombok Post