Lombok Post
Pendidikan

UTS Gelar Kolaborasi Riset Berbasis Edukasi

RAPAT KOORDINASI: Gubernur NTB H Zulkieflimansyah (tengah) memberikan arahan kepada kepala OPD dalam rapat koordinasi di kantor gubernur NTB.

SUMBAWA-Untuk meningkatkan kualitas Tri Dharma Perguruan Tinggi, Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) melakukan kolaborasi riset dengan para peneliti dari mancanegara. ”Saya mengapresiasi adanya kolaborasi riset  ini,” kata Gubernur NTB H Zulkieflimansyah, Selasa (11/2).

 

Kegiatan itu ditandai agenda pembukaan riset berbasis edukasi pada bidang lingkungan dan pertanian yang berlangsung di kampus UTS. Fokus utama riset meliputi wastewater atau pengolahan air limbah, illegal mining, dan perkebunan sayur-sayuran. Nantinya di Sumbawa akan ada proyek percontohan.

 

Tidak kurang dari 11 orang yang tergabung dalam tim riset dari Rusia, Perancis, Vietnam, dan Thailand berkunjung guna melaksanakan observasi lanjutan. ”Bisa menjadi ruang pertukaran pemikiran antara peneliti dalam dan luar negeri,” jelasnya.

 

Gubernur mengingatkan, pada zaman serba maju sekarang, inovasi memang sangat dibutuhkan. Menurutnya kegiatan ini juga sejalan dengan program industrialisasi, yang sedang dijalankan Pemprov NTB. Strateginya dengan mengirim dosen ataupun mahasiswa menimba ilmu ke negara-negara Eropa. ”Salah satu strategi pembangunan industri lokal mengirim mereka misalnya ke Rusia, yang akan dimulai tahun ini,” tegas Politisi PKS itu.

 

Zul mengatakan, dengan pengiriman ke negara-negara maju di eropa, bisa dipastikan, wawasan dan cara pandang akan menjadi lebih luas. ”Sehingga nantinya, begitu kembali mereka membawa paradigma yang baru untuk mengembangkan daerah mereka (NTB),” tegasnya. (yun/r9)

Berita Lainnya

Berburu Tiket ke Hongkong lewat Faber-Castell Family Art Competitions

Redaksi Lombok Post

Jelang Pensiun Guru SMK 5 Mataram Bikin Mural Sepanjang 120 Meter

Redaksi Lombok Post

Baru Pertama UNBK, SMP 11 Mataram Makin Giat Bersiap

Redaksi Lombok Post

Simulasi UNBK di Mataram, Server Bermasalah Lagi

Redaksi Lombok Post

SDN 9 Mataram Wakil Sekolah Sehat Tingkat Provinsi

Redaksi Lombok Post

Unram Terima Penghargaan dari Wakil Perdana Menteri Malaysia

Redaksi Lombok post

Prof. Yoko Koneko dari Kobe University Jepang Beri Motivasi Mahasiswa saat Upacara Pelepasan KKN Tematik Unram

Redaksi Lombok Post

Mahasiswa Hukum Unram Juara Lomba Pidato Konstitusi di Bali

Redaksi Lombok Post

Mendekati Pelaksanaan UNBK, SMPN 20 Mataram Tingkatkan Keamanan

Redaksi Lombok Post